Flashing Manual Galaxy ACE Menggunakan Odin

Di artikel ini gw akan jelasin tutorial flashing manual Samsung Galaxy Ace GT-S5830. Kalo dibanding dengan flashing HP SE yang OS-nya bukan Open Source, flashing Android relatif lebih gampang dan cepat. Alasan utama kenapa gw pilih flashing manual, yang pertama, kalo update via Kies itu lama dan perlu koneksi internet stabil, internet udah stabil pun kadang brenti di tengah-tengah. Yang kedua, firmware di Indonesia itu releasenya lama. Mending ngambil firmware dari luar terus flash manual. (Meski resikonya ga bakal ada pilihan bahasa Indonesia)

Di tutorial ini gw nyoba upgrade firmware Ace dari Android 2.3.4 ke 2.3.6. Kebetulan firmware untuk region Indonesia udah keluar.

Perhatian! Penulis tak bertanggung jawab jika ada kesalahan dalam proses flashing ini, resiko ditanggung sendiri! Karena itu, perhatikan baik-baik setiap langkahnya.

Yang dibutuhkan:

Firmware resmi Ace region Indonesia: S5830DXKT5 – XSE
Detail:
PDA: S5830DXKT5
Phone: S5830DXKT4
CSC: S5830OLBKT3
Country/Provider: Indonesia
Version: Android 2.3.6 Gingerbread
Build Date: 2011 December

ODIN Multi Downloader v4.38: Dowload.

OPS File: Cooper_v1.0.ops: Download.

PC yang sudah terinstall USB driver atau Kies.

Kabel data Ace.

Persiapan:

Backup data di HP, proses ini tidak menghapus data tapi ada baiknya backup kalau-kalau ada kesalahan atau keluarkan SD Card dari HP.

Langkah-langkah Flashing:

1. Download firmware, Odin dan OPS file. Extract firmware hingga kita dapatkan file berekstensi MD5.

2. Buka Odin.

3. Klik tombol OPS dan pilih file OPS yang tadi sudah di download

4. Check “One Packaged” di option (biarkan Auto reboot dan protect OPS tetap ter-ceklist). Lalu di bagian bawah, tekan tombol One Packaged dan pilih file hasil extract yang berekstensi md5.

Odin

5. Set Ace ke Download mode. Caranya matikan HP, buka batere selama beberapa detik, masukan lagi. Setelah itu tekan Volume Down+Power+Middle button secara bersamaan hingga masuk ke Download mode. Biasanya ada gambar robot android (gambar ga harus persis kayak yang di bawah).

Download Mode Galaxy Ace

6. Colokkan Ace yang sudah dalam Download mode ke PC menggunakan kabel data, setelah itu COM Port Mapping akan berubah jadi warna kuning (lihat gambar di bawah) serta ada keterangan “Added” dalam pesan.

Com Port Mapping - Odin

7. Tekan Start untuk memulai proses flashing.

Proses flashing hanya memakan waktu 4-5 menit. Jika proses selesai maka akan ada tulisan PASS.

Lepaskan Ace dari PC, lakukan factory reset untuk membersihkan semua cache data dan mendapatkan Firmware yang bersih, bisa dengan cara masuk ke Recovery Mode (Tekan Home + Power Button), gunakan tombol volume untuk memilih Wipe Data/ Factory Reset, bisa juga dengan mengetik kode *2767*3855#.

Cek versi Firmware dengan cara mengetik kode *#1234#. Jika sudah ter-update, maka proses flashing berhasil.

Untuk mengecek update firmware terbaru, kunjungi: Samsung Galaxy Ace stock ROM & http://www.sammobile.com/firmware/.

Sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Sumber artikel : Android Solution (diterjemahkan dengan beberapa penyesuaian)

About these ads

217 thoughts on “Flashing Manual Galaxy ACE Menggunakan Odin

  1. Gan, cara ini bisa di gunakan untuk melakukan unroot Galaxy Ace gak?
    Soalnya temen saya bilang “untuk melakukan unroot tinggal Flash ulang aja”

  2. bang, saya salah nginstall cmw. CMW 5 nya galaxy mini, saya instal di ace. terus saya setiap saya mau instal package yg buat ace kok eror terus. apa dengan menjalankan yang abang tuliskan diatas juga bisa ganti cmw menjadi normal lagi? terima kasih :)

  3. thanks gan postingan nya .sebelum nya hape ku nge brick krna otak atik CWM tpi stelah aku ikuti lngkah fflash di atas hapeku normal ,,ini bisa jadi cara ngatasi brick gan :D

    • Saat masuk mode download, gambarnya ga harus persis kayak yg di atas. Yang penting proses downloadnya berjalan.

      Kalo di odinnya ga kedetect, install dulu USB Drivernya. Atau paling gampang install aja software Kies bawaan ACE. Kalo udah diinstall tapi tetep ga bisa, coba install ulang Kies-nya. Kalo masih ga bisa juga, ada kemungkinan kabel datanya yg bermasalah.

    • Saya pernah juga proses flash-nya ga brenti-brenti, ternyata masalahnya di kabel data yg udah jelek/longgar. Pemasangannya mesti bener-bener pas. Coba periksa kabel datanya, mungkin kasusnya sama.

  4. Gan..sblum muncul tulisan PASS, hp masih dalam keadaan dicolokin ke PC yah??
    Hp ane kq boot loop ini, muter2 ditulisan samsung aje…:(

    • Iya, sebelum ada tulisan PASS, jangan main cabut aja.
      Kalo boot loop, coba di-wipe.
      Caranya tekan tombol home dan power sampe masuk ke recovery mode. Pilih wipe (milihnya pake tombol volume).

    • Bisa, sama aja caranya. Yang beda itu cuma Firmware yg dipake ng-flash-nya. ACE S5830i itu lebih baru dibanding ACE punya ane (S5830). Download firmware terbarunya di: http://www.sammobile.com
      Pilih tipe gadget, OS, model HP, dan negara. Tadi ane sempet cek, buat HP agan ada 3 firmware region Indonesia. Pilih aja yang paling baru.
      Good luck!

  5. gan hp ana galxy ace 2 die ga bisa terima bahasa arab….tapi kalo buat ngetik bisa gimana caranyaaa…ana mau ngeflass ke arabic bisa kaan gaan???
    mohon bantuanyaa yaaach

    • Emang ente beli ACE-nya dimana gan?
      Bisa aja flash ke arabic. Daftar dulu ke Sammobile (link ada di atas), terus cari firmware Arab-nya. Di sana komplit dari berbagai region. Tapi saran ane sih mending pake region Indonesia. Kecuali emang ente seringnya pake tulisan arab.

    • Kagak gan.
      Justru salah satu cara ngilangin “jejak” rooting itu di flash. Kan sebenernya hasilnya sama aja sama flashing online (yg disarankan Samsung), cuma bedanya ini lebih cepet soalnya offline. Yang penting ente flashing-nya pake firmware resmi Indonesia, jangan firmware modif-an.

  6. gan ni klo pake rom bawaan dijelasin sama agan di atas support buat mmc yg dipartisa ga gan?
    klo ga, agan punya scriptnya?

  7. Gan, ane gbs masuk download mode? gmn solusi’y? hp samsung ace ane mati total n tiap dinyalain lampu flas kamera’y nyala 1x trus udh gda gmbar sma skli. mohon bantuanya gan?

  8. min kalo galaxy ace ak kan udh ics 4.0, kalo ak flash menurut petunjuk diatas ndak bisa kembali lagi jadi 2.3.6 lagi? mohon bantuannya, bales ke email aja

    • Jujur aja saya ga pernah pake ICS karena Samsungnya sendiri udah bilang Galaxy ACE itu ga bisa pake ICS karena mentok di spek hardware. Bisa dipaksain tapi akan ada masalah.

      Tapi menurut info-info yang beredar seharusnya cara di atas bisa men-downgrade dari ICS ke GB. Coba cek lagi file ROM-nya udah bener GB 2.3.6 (bisa download di samfire). Coba carinya yang 3 file.

      Kalo masih aja ga bisa, apakah ada peringatan error atau gimana? Apa proses flashnya berjalan dengan lancar?

  9. gan galaxy ace gw abis diRoot,.. mati kug tampilannya jdi gni yaa,.. heng,..
    stiap dihidupin muncul tulisa,..
    ~ Android system recovery
    ~ reboot system now
    ~apply update from sdcar
    ~wipe data/factory reset
    ~wipe cache partition
    tolong bantuannya gan???

    • Sama-sama.
      Thanks juga feedback-nya.

      Kita emang mesti pinter-pinter pilih ROM. Kadang ada yg stabil kadang bermasalah. Makanya cara flash manual pake ROM official ini jadi cara ampuh kalo ada problem :D

  10. gan sory mau nanya nih. klo setelah di flash gitu, tapi ketika udah beres. Ga bisa install dan download aplikasi dari playstore itu kenapa ya?

    • Coba cara ini bro:
      1. Masuk Menu > Settings > Applications > Manage Applications
      2. Pilih “All”
      3. Pilih “Google Play Store”
      4. Klik ‘Force Close’
      5. Klik ‘Clear Data’
      6. Klik ‘Uninstall Updates’
      7. Masuk ke market, klik ‘continue’ waktu ada peringatan.
      8. Beres

      Cara 2:
      Download .apk Google Play dari komputer (usahakan nyari versi yg beda/lebih lama), copy ke SD Card terus install.

  11. bro, ane pake ace plus, mendadak boot loop.
    coba masuk ke recoery mode ( vol up+vol down+home+power) gk mau.
    nyobain flash pake odin3 failed mulu.
    nyobaiin flash pake odin multi downloader agan gk ke detect device nya.
    padahal kies (usb driver) udah di install.
    mohon pencerahan nya bro!

  12. bro, ane pake ace 2 GT-I8160,
    karena kesalahan root,mendadak boot loop.
    coba masuk ke recoery mode ( vol up+home+power) gk mau.
    tapai kalau masuk ke mode downloading ( vol down+home+power ) mau gan
    nyobain flash pake odin3 failed mulu.
    nyobaiin flash pake odin multi downloader v4.38 gk ke detect device nya.
    padahal kies (usb driver) udah di install.
    mohon pencerahan nya bro!

    • karena beda model HP, mungkin kombinasinya juga beda,
      Coba kombinasi ini: Vol Down + Home + Power
      atau Vol Up + Down + Home + Power

  13. cara diatas bisa untuk men-downgrade dari ICS ke GB,
    makasi gan ilmunya,,

    proses flash itu juga akan men “unroot” kan gan?

  14. Gan, hp ane gak bisa d wipe (recovery mode).. udah tak tekan tombol home+power yg lama.. tetep aja gk bisa.. kalo mode downloading bisa.. gmna gan? bantu pliss

  15. Alhamdulillah Sekarang udah bisa bos.. :’D
    sempet sadih bgt.. cz hp ku itu blum ada sehari.. makasih bgt gan!! arigato !!

  16. agan rifky hp galaxy ane loop boot gara2 ane reset factory cara ketik kode *2767*3855#. udah coba pake wipe dari menu recovery tetep ga bisa akhirnya ane coba flash sesuai petunjuk agan rifky, proses udah 27 menit cuma sampe gini doank gan
    Download Start…
    Create File…
    StartThread Detected : 1
    StartThread Detected : 0
    StartThread Detected : 0
    StartThread Detected : 0
    StartThread Detected : 0
    StartThread Detected : 0
    StartThread Detected : 0
    StartThread Detected : 0
    setup connection…
    solusinya gimana ya gan, oiya ini downloadnya online apa offline, ane coba pake wireles dari hp android LG ane,, mohon pencerahannya gan

    • Kok pake wireless gan? Ini prosesnya offline kok. Kita hanya perlu online saat download firmware/tools doang.
      Dugaan ane sih agan flashing-nya online, makanya itu berhenti di proses “setup connection”.
      Coba ikutin step-by-step-nya gan. Ini flashing manual, prosesnya sendiri sama sekali ga pake koneksi internet. Itulah salah satu alasan ane & para pemilik ACE yg komen di atas lebih memilih cara ini.

  17. lm knal gan,,nanya ni gw flash s5570 pake odin v4.38 ko s klik star ko minta konek usb trus,,pdahal hp dah kdetek klo d odin v1,84,,driver udah d coba d istal ulang,,,knpa tu gan?

    • Kedetect di sini maksudnya gimana? Apa PORT Mapping udah berwarna kuning (ada keterangan “Added” di pesan)??
      Pastiin dulu PORT Mapping-nya kuning, karena itu indikator yg bener.

  18. gan buat samsung galaxy ace 2 bisa engga ?hape saya mati total gara gara gagal root terus, pas saya cas gamau masuk gan . solusinya dong . thnks

    • Itu namanya boot loop.
      Cara ngatasinnya coba di-wipe.
      Caranya tekan tombol home dan power sampe masuk ke recovery mode. Pilih wipe (milihnya pake tombol volume).

    • versi ROM-nya udah yg terbaru?
      Kalo udah, harusnya lebih cepet. Kalo malah lelet, ente senasib sama temen ane, dia juga malah lebih mulus pake ROM modifan dibanding resmi. Ga tau kenapa, mungkin masalah hardware. Saran ane sih, pilih aja ROM yg menurut agan paling nyaman, ga harus yg resmi ;)

  19. gan ane mw taya, ace ane kan mau di root tp klo mlah blnk y ?? cuman ad tampilan galaxy ace y aj. kyak prtma di idupin. gmna tuh ??

    • Kalo dari pengalaman ane, itu karena langkah ke-2 kelewat. Lihat postingan tentang root, perhatikan langkah yang ke-2 ini: “Pastikan USB Debugging is ON (terceklis). Untuk memastikannya, masuk ke Settings >> Applications >> Development.”

  20. mas, saya coba masuk downloading mode odin. Tujuanya sih pengen factoy reset. hp saya samsung wonder. udah sampe tahapan Downloading … do not turn off target !! sy coba sambung usb ke laptop. udah mulai berjalan kayak proses instalan gitu, tapi dak selesai. tiba2 terhenti. tampilan dilayar hape masih sama Downloading … do not turn off target !!. masih bisa dibatalin gak mas? apakah pembatalan ini akan mengakibatkan softbrick atau hardbrick? ngebatalin yang aman gimana? mohon pencerahanya.

    • Cabut kabel.
      Kalo proses “downloading” ga selesai, harusnya HP bisa boot normal/balik lagi ke awal. Kasusnya macem-macem sih.
      Kalo udah bisa boot ke awal, flash lagi. Tapi coba: ganti rom, reboot komputer, coba port USB lain, ganti cable, atau sekedar flash ulang seperti biasa.

  21. Nuhun mas Bro buat tutorialnya, sangat membantu
    kemarin ane coba pake costum ROM IOS, eh banyak kekurangan sana sini.. jadi back to nature deh.. firmware official..
    link OPS-nya inactive tuh..

  22. gan firmware ini di gunakan saat apa?kan yang di perlukan OPS aja

    PDA: S5830DXKT5
    Phone: S5830DXKT4
    CSC: S5830OLBKT3
    Country/Provider: Indonesia
    Version: Android 2.3.6 Gingerbread
    Build Date: 2011 December

    • Justru firmware itu file terpenting.
      Perhatikan langkah 4:
      4. Check “One Packaged” di option (biarkan Auto reboot dan protect OPS tetap ter-ceklist). Lalu di bagian bawah, tekan tombol One Packaged dan pilih file hasil extract yang berekstensi md5.

      File berekstensi md5 = firmware

      • Gan bisa kasih solusi ga ne ace ane ngebrik nyangkut di boot loop..msh bisa msk ke download mode..cma mslh hpnya ga mau ke detect di pcnya..jdi di odinnya ga keluar apa”..gmn itu ya uh coba di 3pc sma jga..kies ush di instal,kabel data udh di ganti ga bsa jga..bwa ke samsung center di suru ganti mabo 1jtan..T_T

      • @Joni: Bisa masuk ke recovery mode ga?
        Kalo bisa, cara ngatasinnya coba di-wipe.
        Caranya tekan tombol home dan power sampe masuk ke recovery mode. Pilih wipe (milihnya pake tombol volume).

  23. mas.. saya pake samsung ace 2, yg tiba-tiba mati total
    tolong batuin dong cara menghidupkan nya kembali.. saya masih awam..

    • Bisa masuk ke download mode ga? Kalo bisa, langsung aja flashing kayak cara di atas. Tinggal nyari firmware untuk ACE 2.

    • Mungkin maksudnya hard brick ya? Ga bisa hidup sama sekali ‘kan?
      Coba cara ini:
      1. Lepas SIM CARD, SD CARD, battery
      2. Colokan ACE di PC/Laptop tanpa batre
      3. Tekan dan TAHAN volume UP dan Volume Down terus-menerus (jangan lepas)
      4. Tekan terus, lalu masukan battery HH
      5. Lalu akan masuk Download Mode
      6. Terakhir Flash pake Odin
      Semoga berhasil.

  24. Gan mau nanya nih, gua kan abis ngeflash di rom manager tuh, nah pas gua mau reboot eh hp gua malah gabisa nyala2 lagi. Di apa2in jg gamau, di charger aja gamau. Itu gmn ya? Pls butuh info bgt thx gan!

    • Coba cara ini:
      1. Lepas SIM CARD, SD CARD, battery
      2. Colokan ACE di PC/Laptop tanpa batre
      3. Tekan dan TAHAN volume UP dan Volume Down terus-menerus (jangan lepas)
      4. Tekan terus, lalu masukan battery HH
      5. Lalu akan masuk Download Mode
      6. Terakhir Flash pake Odin
      Semoga berhasil.

  25. Gan mau tanya nih, saya punya hp Samsung Galaxy ace 2, kalau kartunya sudah dilepas, seharusnya gambar sinyal seperti gambar rambu dilarang, tetapi pada hp saya, walaupun kartu sudah dilepas, gambar icon sinyal nya masih ada gan, itu gimana masalahnya ya? dan satu lagi, dibuat telfon, sms, sama cek pulsa ga bisa gan? Mohon jawaban nya, Makasih .

    • Kalo ane beberapa bulan lalu malah sebaliknya. Kartu udah dimasukin, sinyalnya yg ga ada. Sama juga: ga bisa nelp & sms.

      Simple aja gan, flash aja pake cara di atas, 10 menit beres & hp normal lagi :D
      Jangan lupa backup dulu datanya (apps, sms, history chat wa/line atau kontak telepon kalo misalkan belum sync ke google).

      Good luck

  26. Gan ane mau nanyak ni hp ane samsung ace 2 terus udah ane update ke jellybean ke samsung center, tiba-tiba performa hp ane jadi lambat gitu, terus kalok di downgrade kembali ke gingerbread bisa gak ???
    terus dapat ngilangin garansi gak???
    Makasih

    • Karena Jellybean butuh spek hardware yg lebih tinggi dari Ginger. Mungkin itu yg bikin hp agan nge-lag.

      Bisa kok, downgrade aja ke Gingerbread. Kagak ngilangin garansi gan, asalkan firmware yg dipake yg resmi dari Samsung. Yg jelas-jelas ngilangin garansi itu “rooting”.

  27. Aduh gan, saya baru ngalamin maslah tpi kyknya lgsg berat aja. hp galaxy ace2 saya gagal update saat mu nyoba cusrom dan gk bisa direcover. saya coba balikin ke mode download pake adin dan berhasil, …allthreads completed (succeed 1/failed 0)…. remove…. tpi masalahnya tu hp gk mu masuk, cuma sampe di SAMSUNG GALAXY ACE2 GT-I8160. coba masuk mode recovery gak bisa masuk. Mohon bantuannya gan saya harus gimana?

    • Coba cara ini gan:
      1. Lepas SIM CARD, SD CARD, battery
      2. Colokan ACE di PC/Laptop tanpa batre
      3. Tekan dan TAHAN volume UP dan Volume Down terus-menerus (jangan lepas)
      4. Tekan terus, lalu masukan battery HH
      5. Lalu akan masuk Download Mode
      6. Pilih wipe
      Terus terang saya belum coba untuk ACE2 gan :(
      Jadi berdoa aja moga-moga cara di atas berhasil.

  28. gan,,,ane kan udah download smua file’nya. udah diinstall smua tapi pas nancepin usb, SGA gag ke detect
    mohon pencerahannya,,,

    • Coba cara ini gan:
      1. Lepas SIM CARD, SD CARD, battery
      2. Colokan ACE di PC/Laptop tanpa batre
      3. Tekan dan TAHAN volume UP dan Volume Down terus-menerus (jangan lepas)
      4. Tekan terus, lalu masukan battery HH
      5. Lalu akan masuk Download Mode
      6. Pilih wipe
      Itu cara pamungkas. Kalo masih ga bisa saya ga bisa bantu.
      Jadi berdoa aja moga-moga cara di atas berhasil.

  29. apakah pengaruh dari gagal upgrade?
    pertama pengen aq upgrade ke jelly bean,eh kok tiba2 ada tulisan samsung trus blank putih.solusi nya dong mastah.apakah cara diatas bisa ngembaliin normal hape aq??
    bls cpet ya.
    thx

  30. alhamdulillah gan,sukses 100% ga sia sia download hampir 3 jam lebih.
    makasih banyak mastah,karena membuat postingan yg bener2 work.coz aq keliling di blog mana2 gagal mulu.top dah
    kalo ada rating aq kasih bintang 6.
    sukses slalu mastah.

    • Sama-sama gan.
      Akhirnya berhasil juga ya. Simpen baik-baik firmware original-nya biar ga perlu download ulang lagi 3 jam :D
      Sukses juga buat u.

  31. gan bantuin donk galaxy ace ane blank screen, karena salah install rom, gimna donk ini….ada cara gk biar bisa di flashing. make odin 4.38 gak pernah kedetect, malah pake odin versi 1.38 kedetec. bantuin donk gan….

  32. alhamdulilah, hp gw balik normal lg td nya hanya muncul logo samsung aj, gw mau benarin biaya nya mahal.. krn ngk ad duit jd nya gw Browsing di internet cara benarin nya..
    eh ternyata ketemu mas rifky alhmdulilah bisa normal lg hp gw.. tks y mas rifky (y)

  33. assalamuallaikum…. ane punya SGA s5830 & mau ane upgrade ke ics atw ke jb… cara termudah’y bgmn gan?????
    trmaksh sblm’y

    • Waalaikumsalam,
      Wah, kalo itu ane ga bisa bantu gan. Jujur ane sendiri ga pernah upgrade ke ICS/JB. Banyak masalah kalo ACE diupgrade. Maklum lah CPU-nya cuma 800Mhz. Padahal ICS kalo mau smooth harus minimal 1Ghz.

  34. Thx brooo…
    PASS suksessss..
    Akhirnya segarr kembali.
    Sukses terus bt anda brooo
    smga ilmu yg dibagikan selalu menjadi pahala bt anda yg sllu berbagi.
    Skli lg trimakasih broooo

  35. samsung galaxy ace GT-S5830 saya kok ga ada suaranya ya??? jd klo terima tlp ato nelpon harus harus dispeaker terus,,, dan klo nyalain musik harus pake hadset,speakernya gak bisa nyala??? hrs gmn saya??

  36. Gan minta tolong caranya remove CWM recovey Galaxy ace gimana ya ?
    kira2 bisa ga gan klo galaxy ace di upgrade ICS lalu bisa dipasang app BBM.. mohon bantuanya sebelumnya terimakasih.

    • Coba di-unroot pake SuperOneClick. Kalo ga bisa flash biasa aja.

      Temen-temen ane udah coba upgrade ke ICS. Upgrade-nya sih berhasil, tapi BBM-nya force close terus. Jadi BBM tau kalo kita pake ICS modifan.

  37. mas puny ane waktu di flash dia ko ga selesai2 yah?
    ane sudah ikutin tutor komplit
    sampai 30 menit lebih
    mohon dengan sangat bantuannya

    dikolom Message :
    Download Start…
    Create File…
    StartThread Detected : 1
    StartThread Detected : 0
    StartThread Detected : 0
    StartThread Detected : 0
    StartThread Detected : 0
    StartThread Detected : 0
    StartThread Detected : 0
    StartThread Detected : 0
    setup connection…
    odin mode.. check plcatform verification.
    VerifyPlatform:V0, P0,R0
    START!!!
    set download environment.
    big partition size!!
    big partition size!!
    big partition size!!
    big partition size!!
    big partition size!!
    mibib download..

    • Itu ada file sistem yang corrupt gan. Ane terakhir kasusnya gitu juga.
      Tapi setelah flash ulang, normal lagi.
      Coba aja flash ulang, kalo masih error, download file firmware yg lain/beda tempat.

  38. gan setelah berhasil Wi-fi nya kok malah eror… gan
    mohon pencerahan gan…
    masuk recovery mode juga gak bisa…
    pliiiiiissssss

    • Mending ulang aja flash-nya gan, tapi ganti file firmware.
      Lalu untuk wifi, kadang setelah flashing berhasil, ACE emang suka ngadat wifi-nya.
      Perlu restart biar wifi-nya normal lagi. Kayaknya itu emang penyakit beberapa ACE.

  39. bro kok udah klewat dr 5 menit kok di hp cuman ada tulisan downloading…. mulu gimana to caranya thanks kan sebelumnya cuman muter2 di tulisan samsung mulu G bs masuk menu

    • Itu tandanya HP belum kedetect komputer.
      Pastikan ada tulisan “detected” di COM Port Mapping ODIN.
      Dari pengalaman saya, kasus seperti itu masalahnya di driver USB yang belum terinstall dengan baik atau di kabel USB-nya.

  40. gan pas pilih “wipe data/
    factory reset “ yg muncul di hp
    samsung gt s5830 malah
    no
    no
    no
    no
    no
    yes clear all data
    no
    no
    no
    nah kalau kaya gitu gimana?

    minta cara lengkap factory reset dong gan

    • nah detailnya gini pas di klik factory reset :
      confirm wipe of all user data?
      THIS CAN NOT BE UNDONE .

      No
      No
      No
      No
      No
      No
      No
      Yes — delete all user data
      No
      No
      No

      • Itu udah bener. Tinggal pilih delete all user data.

        Teken volume down 7X sampe kepilih tulisan “Yes — delete all user data”, terus teken home.

    • Apa sebelumnya ada IMEI?
      IMEI kosong kayaknya salah yg jual. Harusnya kan diperiksa dulu sebelum transaksi. Takutnya itu barang ilegal atau barang bekas yg dibungkus ulang.

      Tapi kalau asalnya ada IMEI, terus abis flash jadi ga ada, gampang. Flash pake ROM lain, beres :)
      Itu kayaknya ada yg corrupt file-nya.

  41. agaaaaaaaaann hp saya kan pas dinyalakan cuma stack di logo samsung, terus ada yang nyaranin buat flash firmware. nah masalahnya pas ane liat tutor banyaknya Driver Galaxy Ace sudah terinstal di komputer dengan Samsung USB Driver. kan hp ane mati, mau terhubung gimana coba? terus ada yang bilang lagi masuk mode download pas flashnya, tapi ane ga bisa cara mode download. mohon pencerahannya gan :(

  42. bantuin cara untuk samsung gt-s5830 yang terjangkit hard bootloop dong :( ane instal font yang di root gitu gan, eh pas di udah beres di instal malah terus nempel di keyboard. pas dinyalain lagi stack di logo dan katanya terjangkit hard bootloop. saya udah coba masuk recovery mode, tapi tetep aja gitu. minta pencerahan untuk menghidupkan galace saya lagi gan :(

    • Ane ga pernah ngalamin bootloop :(
      Tapi dari info-info di Google cara ngatasinnya sama aja kok kayak flashing biasa.
      Coba praktekin dulu cara-cara di atas.

  43. gan punya q ud cusrom pake cwm6 dan cyanogenmod11. pengen tk kmbalikan kyk asal lagi. tp dl pertama beli versi 2.3.4
    ap bs pake cara ini? please reply gan… maturnuwun

      • mas Rifky ,saat proses flashing berhenti di setup conection ,trus gak jalan lagi ,
        Check MD5.. Do not unplug the cable..
        Please wait..
        DefaultCalDataWithBoot_S5830iXXLB1_REV00.tar.md5 is valid.
        PDA_S5830IXXLA4_REV00.tar.md5 is valid.
        MODEM_S5830iXXLA2_REV00.tar.md5 is valid.
        GT-S5830i-MULTI-CSC-OXXLA2.tar.md5 is valid.
        Checking MD5 finished Sucessfully..
        Leave CS..
        Odin v.3 engine (ID:19)..
        File analysis..
        SetupConnection..
        bantuin dong…!!! ,terimaksih

      • Intinya file flash udah OK, itu masalah koneksi yang ga stabil Mas. Pertamanya kedetect, tapi pas setup connection ga kedetect HP-nya.
        Coba cara berikut ini:
        1. Reinstall usb driver/reinstall Kies
        2. Pake usb port/cable yang lain
        3. Pake versi Odin yang beda
        Kalo ga bisa juga,
        4. Pake PC lain.
        kalo masih ga bisa… saya nyerah :D

  44. hallo mas Rifky..sesuai saran sdh sy coba ,cuma yg belum sy coba ganti PC ,hasilnya :

    GT-S5830i-MULTI-CSC-OXXLA2.tar.md5 is valid.
    Checking MD5 finished Sucessfully..
    Leave CS..
    Odin v.3 engine (ID:12)..
    Odin v.3 engine (ID:20)..
    File analysis..
    File analysis..
    SetupConnection..
    SetupConnection..
    Can’t open the serial(COM) port.

    itu tandanya apa..? ,mohon sarannya lagi dan terimaksih sebelumnya

    • Can’t open the serial(COM) port” artinya koneksi HP-PC via kabel data ga berhasil.
      Pastikan sebelumnya driver terinstal dengan sukses, tandanya HP udah kedetect via Kies & ada tulisan “Added” di Odin (lihat gambar).
      Kalo driver udah keinstal tapi masih ada error di Setup Connection, coba ganti port USB yang lain. Kalo tetep ga bisa, jalan terakhir ya coba di PC/laptop lain :D

    • Sama kayak pertanyaan/jawaban di atas:
      Itu masalah koneksi yang ga stabil. Pertamanya kedetect, tapi pas setup connection ga kedetect HP-nya.
      Coba cara berikut ini:
      1. Reinstall usb driver/reinstall Kies
      2. Pake usb port/cable yang lain
      3. Pake versi Odin yang beda
      Kalo ga bisa juga,
      4. Pake PC lain.
      kalo masih ga bisa… saya nyerah :(

  45. ane Ngeflash hp temen nh gan. abis di flashh smpet bootlove :v
    mau ane Wipe, eh ramdump, gemeter ane, skali inget2 salah pencet tombol :v
    hahah. Kbiasaan di Galyoung :3

  46. gan maaf mau tanya kan sya flahs galaxy ace plus, tapi kok ada peringatan “MMC Boot : MBR erase fail” sama “ODIN : partition erase fail” gitu ya gan..padahal ane udah download firmwarenya bener dan yang terbaru..mohon pencerahan gan

  47. gan maaf mau tanya kan sya flahs galaxy ace plus, tapi kok ada peringatan “MMC Boot : MBR erase fail” sama “ODIN : partition erase fail” gitu ya gan..padahal ane udah download firmwarenya bener dan yang terbaru..mohon pencerahan gan

    • Coba pindah port USB. Terus cek versi ODIN-nya gan. Versi 4 bukan?
      Setahu saya kalo ada opsi partisi itu ODIN versi 3.
      Copy lognya ke sini biar saya tahu, misal:
      Enter CS for MD5..
      Check MD5.. Do not unplug the cable..
      Please wait..
      S7500BULE2_S7500CNXLE1_S7500BULE1_HOME.tar.md5 is valid.
      Checking MD5 finished Sucessfully..
      Leave CS..
      Odin v.3 engine (ID:4)..
      File analysis..
      SetupConnection..
      Initialzation..
      Set PIT file..
      DO NOT TURN OFF TARGET!!

      Re-Partition operation failed.
      All threads completed. (succeed 0 / failed 1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s