Cara Sederhana Mempercepat Windows 7 (Part 3)

  1. Non-aktifkan fitur dan komponen yang tidak dibutuhkan. Kebanyakan sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft berisi program dan fitur yang tidak dapat Anda hapus menggunakan uninstaller. Tetapi masih ada cara lain yaitu menon-aktifkan. Buka [Control Panel] dan masuk ke program and features. Klik pada [Turn windows features on or off]. Silakan non aktifkan yang Anda tidak butuhkan.
  2. Gunakan third-party cleanup software terbaik. Kadang-kadang Anda membutuhkan sedikit bantuan dari luar. Ada beberapa program pihak ketiga yang sangat baik yang dapat membersihkan, memperbaiki dan mengoptimalkan sistem Anda. Yang pertama adalah Ccleaner, program ini gratis. Menyediakan fitur lebih banyak daripada apa yang dapat dilakukan disk cleanup. Selanjutnya saya tawarkan TuneUp Utilities tetapi tidak gratis. TuneUp Utilities adalah perangkat lunak optimasi terbaik yang bisa Anda gunakan.
  3. Menonaktifkan service windows yang tidak dibutuhkan. Services Windows adalah program yang berjalan di latar belakang dan melakukan tugas tertentu untuk perangkat keras dan aspek perangkat lunak komputer Anda. Beberapa dari layanan ini dapat berjalan namun tidak selalu diperlukan. Silakan klik [Start] lalu ketik [msconfig] kemudian [Enter]. Klik tab [Services] dan hilangkan tanda centang pada service yang menurut Anda tidak diperlukan. CATATAN: Jangan menonaktifkan services yang tidak Anda pahami. Mohon baca kembali artikel ; 10 Windows XP Services Yang Tidak Boleh Diganggu yang pernah saya tulis.
  4. Bersihkan dan defrag kembali registri. Wilayah ini dapat sangat berbahaya untuk Anda utak-atik jika Anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentangnya. Ada baiknya Anda menggunakan software gratis pihak ketiga untuk membersihkan registri Anda. Contoh sederhana adalah software CCleaner dan TuneUp Utilities. Sebenarnya masih banyak lagi program pembersih registri yang lain.
  5. Lakukan defragmentasi disk jika diperlukan. Setelah semua ini selesai, Anda dapat melakukan defragmentasi disk. Hard drive akan menjadi sangat terfragmentasi setelah beberapa minggu menggunakan komputer. Defragmentation pada dasarnya mengurangi jumlah fragmentasi dalam sistem file. Ini mengatur isi disk yang dapat meningkatkan kinerja secara drastis. Klik [Start Menu > All programs > Accessories > System tools > Disk defragmenter].
  6. Menggunakan fitur ReadyBoost jika Anda memiliki flash disk drive. Terakhir, jika Anda memiliki flash disk drive, Anda dapat menggunakan fitur ReadyBoost untuk mempercepat sistem anda. ReadyBoost memanfaatkan flash disk drive sebagai memori tambahan untuk komputer Anda. Silahkan colokkan flash disk Anda yang masih kosong dengan space 4 GB. Klik kanan pada ikon flash disk lalu pilih [Properties] kemudian klik lagi [ReadyBoost]. Silakan atur berapa space yang ingin Anda gunakan dari flash disk tersebut.

Kesimpulan
Saya berharap saya bisa menawarkan beberapa bantuan kepada para pembaca dengan menulis seri artikel ini. Saya mencoba untuk membuatnya sesederhana mungkin dengan menyediakan berbagai langkah dan penjelasan singkat. Semoga bermanfaat.

Sumber : agussale.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s