Rasanya Cabut Gigi Itu… GA SAKIT!

Sebenarnya ini pengalaman tahun lalu, tapi ga ada salahnya berbagi. Sebelum cerita ke masalah pencabutan gigi, saya jelasin dulu alasan kenapa gigi saya harus dicabut. Alasannya karena gigi geraham bungsu saya ternyata tumbuhnya ga normal.

Gigi Bungsu

Mungkin ada yang belum tahu apa itu gigi geraham bungsu. Gigi geraham bungsu adalah gigi geraham ketiga yang muncul pada usia sekitar 17-21 tahun. Gigi bungsu termasuk dalam kategori struktur vestigial, yaitu struktur yang fungsi awalnya menjadi hilang atau berkurang sejalan dengan evolusi. Banyak ahli berpendapat bahwa perubahan jenis makanan pada manusia modern dari mentah menjadi dimasak membuat makanan lebih lunak. Selain itu, pemeliharaan gigi modern mengalami kemajuan pesat. Akibatnya kerusakan pada gigi berkurang. Kehadiran gigi bungsu yang diperkirakan dapat membantu bila ada geraham lain yang tanggal menjadi tidak berguna, malah pada kebanyakan orang menjadi masalah.

Saya adalah termasuk yang punya masalah sama gigi bungsu.  :(

Saya mulai curiganya saat gigi bungsu ke-3 yang posisinya di bawah-kanan mulai tumbuh (gigi bungsu totalnya 4: atas 2, bawah 2). Ini gigi pas tumbuhnya nyiksa banget. Sakiittt… Beda sama 2 gigi bungsu atas yang udah duluan tumbuh. Apalagi waktu itu saya lagi nyusun skripsi. Kebayang dong, udah pusing diomelin dosen pembimbing di kampus, revisian skripsi banyak, gigi senut-senut pula. Lengkap sudah penderitaan.

Saking sibuknya skripsi, saya ga sempet periksa ke dokter, jadi cuma minum obat pereda rasa sakit. Untungnya seminggu kemudian si bungsu no. 3 ini udah mulai nongol, jadi sakitnya hilang.

Sebulan kemudian rasa sakit itu muncul lagi. Saya pikir urusan sama si no. 3 udah beres, tapi kenapa malah sakit lagi? Akhirnya awal Desember saya ke dokter gigi buat periksa apa yang salah. Dokter bilang gigi bungsu ke-3 ini tumbuhnya mepet ke geraham di depannya, itulah yang bikin sakitnya minta ampun. Tapi sebenernya, dokter bilang no. 3 ini GA TERLALU jadi masalah, apalagi rasa sakitnya juga udah reda. Justru dokter khawatir sama gigi bungsu ke-4 alias yang terakhir yang belum tumbuh (kiri-bawah). Kenapa yang ini belum tumbuh padahal usia bentar lagi 22 th?

Dokter akhirnya nyuruh di-rontgen dulu. Sebagai pasien saya sih nurut aja karena dia yang lebih tahu. Singkat cerita saya udah difoto rontgen dan 2 hari kemudian saya tunjukin hasilnya. Dan ternyata… tuh gigi bungsu ke-4 tumbuhnya nyaris horizontal dan WAJIB dicabut!

Kalo pengen tahu, coba lihat di gambar. Gigi yang nyaris horizontal itu gigi bungsu no. 4 saya, yang bahkan belum keluar dari gusi.

Geraham Bungsu Kiri-Bawah

Geraham Bungsu Kiri-Bawah

Hmm. Dari dulu paling males urusan sama dokter gigi karena takut dicabut, soalnya banyak yang bilang rasanya sakit. Melihat kondisi gigi yang ga normal ini, dokter di tempat itu merujuk saya ke dokter lain karena ga punya alatnya. Dia bilang prosedurnya beda sama cabut gigi biasa karena giginya masih terkubur di gusi, jadi mesti ada operasi kecil.

Cabut Gigi

Pertengahan Desember, tibalah saatnya si bungsu no. 4 dicabut di dokter gigi yang berbeda. Mungkin judulnya kurang tepat kalo cabut gigi, soalnya giginya belum tumbuh. Hahaha. Ah entahlah apa namanya, saya di sini akan sebut saja operasi kecil.

Di dokter gigi baru inilah hal mengejutkan lainnya terjadi. Menurut sang dokter, semua gigi bungsu saya harus dicabut! Semua gigi bungsu! EMPAT GIGI!

Hadeh, dicabut 1 aja males, ini malah nyuruh empat-empatnya.

Dokter bilang gigi bungsu 1 & 2 (yang atas, udah tumbuh dari zaman SMA) arah tumbuhnya miring ke arah pipi. Dalam jangka panjang bisa merusak pipi katanya. Gigi bungsu ke-3 terlalu mepet ke geraham di depannya, takutnya nanti tumbuh kista. Kalo yang ke-4 karena emang udah jelas tumbuhnya nyaris horizontal, nambrak geraham depannya. Ini memang bisa terjadi pada orang yang ukuran rahangnya kecil seperti saya.

Hari itu dokter hanya membersihkan gigi saya dan ngasih sedikit penjelasan prosedur pencabutan gigi terutama gigi bungsu ke-4 yang perlu usaha ekstra buat nyabutnya. Karena ga ada keluhan dari keempat gigi, sebenernya dokter ga nentuin kapan saya harus cabut. Bebas aja mau kapanpun. Sebelum saya pulang, dia hanya ngingetin kalo ini kaya bom waktu, makin lama dibiarin makin bahaya.

Pulang dari dokter, saya iseng browsing-browsing harga operasi kecil, rata-rata 3-4 juta. Mahaaaalll juga cuy. Kasian juga sama ortu (maklum belum punya kerjaan). Akhirnya saya putuskan untuk nyabut 1 aja dulu yang paling bahaya, paling beresiko, dan paling mahal, yaitu gigi bungsu ke-4. Meskipun sebenernya belum terasa sakit, tapi masa iya mesti nunggu sakit dulu baru ke dokter?

Setelah  memantapkan hati (dan memantapkan isi dompet) saya pun ke dokter gigi itu lagi beberapa hari kemudian. Lalu saya jelaskan gigi mana dulu yang mau dicabut, saya bilang yang no. 4. Dokter pun mendukung pilihan saya karena memang yang itu yang paling bahaya. Saya disuntik obat bius 2 kali di gusi, di sekitar gigi yang akan dicabut. Sambil nunggu obat bius bereaksi, saya disuruh santai-santai dulu di luar. Saya jadikan waktu luang itu buat nyari angin, nenangin diri dan browsing nyari info tentang sakit atau nggaknya operasi kecil.

70% artikel yang saya temukan menyatakan kalau cabut gigi dengan cara operasi kecil itu rasanya sakit, ada yang bilang saat operasi ataupun pasca operasi. Niatnya nenangin diri, sekarang malah jadi tegang, ditambah lagi dengan obat bius lokal mulai bekerja, rasanya kayak ga punya pipi dan bibir.

Setengah jam berlalu, nama saya pun dipanggil. Saya masuk ke ruangan dan disuruh duduk, sementara sang dokter ngecek alat-alat. Ada pisau operasi, kapas, gunting, pengait dan bor gigi dengan suaranya yang bikin ngilu.

Dokter dan saya memulai dengan mengucap basmalah bersama, Bismillahirrohmanirrohim.

Gusi saya mulai dibelah pake pisau, lalu gigi bungsu no. 4 dicabut. Posisinya yang ga normal membuat dokter membelah dulu giginya jadi 2 bagian pake bor. Suara bor melengking-lengking sekitar 5 menit membelah gigi saya jadi 2. Setelah terbelah, baru deh diangkat satu-satu. Kemudian lubang di rahang saya dirapikan, darah-darah yang menggenang di mulut disedot pake alat, dan terakhir gusi saya dijahit kembali.

Rasanya? GA SAKIT!

Sialan tuh info sesat di internet! Bikin nyali ciut aja. Malah ada yang bilang sakitnya bisa seminggu. Padahal saya dari mulai operasi sampe sekarang sembuh ga pernah ngerasain sakit. Sekarang udah hampir 4 bulan pasca operasi pun ga pernah ada keluhan yang aneh-aneh. Lagian ga masuk akal, dokter ‘kan ngasih obat penahan rasa sakit, kenapa masih bisa ngerasa sakit?

Tapi disini saya ga akan sepenuhnya nyalahin 70% artikel itu. Dugaan saya, rasa sakit saat pencabutan gigi itu bisa terjadi karena memang mereka melakukan pencabutan saat gigi udah sakit. Jadi sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali agar masalah pada gigi bisa terdeteksi secara dini. Seandainya gigi harus dicabut pun, kondisinya masih belum terasa sakit, jadi saat pencabutan ga akan terasa sakit. (ini jadi pelajaran buat penulis juga, hehe)

Itulah pengalaman cabut gigi pertama saya. Ini baru pertama, masih ada 3 gigi lagi yang menunggu untuk dicabut. Bersyukurlah kalian yang punya rahang/gigi normal. Kalian ga perlu ribet berurusan sama dokter gigi kayak saya. Oh ya, untuk biaya operasi, sebenernya 3-4jt itu ga usah dijadikan patokan. Saya aja ga nyampe segitu kok, jauuuhhh di bawah itu. Mungkin tergantung dokternya kali ya.

Ok deh. Sampai jumpa di artikel cabut gigi selanjutnya. Sekali lagi mau bilang… rasanya cabut gigi itu… GA SAKIT!

33 thoughts on “Rasanya Cabut Gigi Itu… GA SAKIT!

    • Ga kerasa. Kan udah dibius.
      Udah abis pengaruh bius pun kita makan obat pereda rasa sakit jadi ga kerasa.

      Kalo urutan itu hanya mempermudah saja. Saya dapetnya dari urutan tumbuh. Yang no. 4 berarti yang terakhir tumbuh.

    • Saya cabut gigi di drg. Tiskara, prakteknya di Jl. Surya Atmadia, deket polres Sumedang. Emang orang Sumedang juga bro?

  1. Selamat pagi,

    Saya baca blog anda ketika sedanv browsing mengenai gigi bungsu. Dan kebetulan pengalan kita nyaris hampir sama.

    Gigi bungsu saya tumbuh miring, dan rasa sakitnya sungguh luar biasa sampai ke kepala.

    Yang mau saya tanyakan adalah, dimana tempat anda operasi gigi bungsu anda? Karena kemarin saat saya mau mencabut, biayanya mencapai 7 juta. Mahal sekali hanya untuk mencabut gigi bungsu saja.

    Kalau boleh, bisa anda berikan alamat Dokter gigi tempat anda operasi? Amat sangat membantu saya apabila anda berkenan. Sebelumnya terimakasih banyak. Saya tunggu respond anda.🙂

    Best regards,

    Marcell

    • Selamat malam,

      Tempat saya cabut gigi alamatnya di Jl. Surya Atmadia, deket polres Sumedang. Namanya drg. Tiskara. Dia emang udah lumayan terkenal di Sumedang-Bandung utk urusan gigi/bedah mulut. Makanya tempat prakteknya suka penuh. Saya aja kalo periksa hari Sabtu, daftarnya dari Jumat sore.

      Rumahnya di mana mas? Ga ada salahnya periksa ke sana. Kalau bener kasus kita mirip, saya rasa biayanya ga akan sampai setinggi itu.

      Semoga membantu.

  2. Yg rumahnya sekitar Yogya bisa ke kedokteran gigi UGM….
    Saya operasi gigi geraham dg kasus sama yaitu gigi tumbuhnya horisontal…bahkan lebih parah dr gambar diatas…
    biayanya 400rb.

  3. ya, ya ya,
    emang gak sakit,
    aku mengalami ketakutan yang berlebihan ketika harus dicabut,,katanya suakit, n bla bla bla, karena keadaan terpaksa bin mepet, gigi sakit dan udah gak bisa di selamatin, alias jaringannya rusak,, krn kelamaan n kurangnya pengetahuan tentang gigi,
    maka dicabut,,
    disuntik pun gak sakit,, udah selesai dicabut kasih pain killer, minum 2 kali,
    hehhh beres!

    • Yup bener banget, emang ga sakit.
      Intinya sih kita harus periksa gigi setiap 6 bulan sekali, biar masalah pada gigi bisa terpantau jauh-jauh hari.
      Thanks udah sharing sis🙂

  4. aku juga mengalami hal yg sama 4 gigi bungsu aku harus dicabut, dan satu yg sudah aku operasi dan rasanya itu saat operasi tidak sakit sesudah nyahh emmmm,,,, nikmatttt,,,hehehehe

  5. Aku udh hampir mau 1 tahun gigi bungsu kanan bawah tumbuh. Tapi yang jadi masalah tumbuhnya gk normal, cuma ujung giginya aja yg kelihatan.. Awal dlu tumbuh sakitnya minta ampun, sampe bengkak bernanah gitu.. Saya gk berani ke dokter karena takut, jadi cuma kumur2 aja.. Alhasil 1 th sakit gigi trs, mau makan sakit. Tp puncaknya skrng nih, mulai bengkak merah kayak dulu awal2 lg. Saya phobia jarum suntik, gmn ya mau banget buat di operasi giginya. Cuman pasti dibius ya? Ada gk ya obat biusnya tablet/cairan yg bisa diminum? Terus terang sy gk berani buat ngeliat jarum suntik dan ruangan dokter.

    • Aduh, kenapa dibiarin Sis?

      Kalau didiemin justru malah nambah penderitaan. Pasti sakitnya akan berulang tiap gigi itu tumbuh. Pertumbuhan gigi bungsu yg ga normal juga memicu banyak masalah, misalnya kista dan rusaknya gigi geraham lain di sampingnya.

      Kalo menurut saya mending periksa aja dulu ke dokter. Tentunya ga akan langsung dicabut. Nanti diliat dulu kasusnya gimana. Ceritain aja kalo memang phobia jarum suntik. Siapa tahu dokter punya obat bius cair/tablet, jadi ga usah disuntik.

      Good luck ya, semoga cepet sembuh.

      • Ternyata kemarin pas puncak sakitnya kayak awal-awal dulu pertama kali tumbuh itu karena gigi aku mau tumbuh keluar semua ke atas. hehe. sekarang udah mulai kelihatan giginya dan gk begitu sakit lagi pas makan. Tapi rasa-rasanya gigi geraham bawah sebelah kiri juga mau tumbuh deh, mulai gk enak rasanya.

    • Tidak selalu harus dicabut.

      Kalau memang pertumbuhannya normal, dibiarin tumbuh juga ga apa-apa. Untuk memastikan apakah pertumbuhan gigi bungsu kamu normal, lebih baik lakukan rontgen dan konsultasikan ke dokter gigi.

    • Harusnya dicabut. Karena pertumbuhan yang miring bisa merusak gigi di sampingnya. Apalagi kalau miring ke arah luar, ntar merusak pipi.

  6. ga sakit sama sekali gan? yakin ga nih ane aja takut bener
    ane persis gitu jg gan cm gigi geraham bawah aja 2
    di cabut 1 per 1 dulu kan ya gan?

    mana mahal bener ane 4.5jt per 1 gigi
    operasi kata dokter bengkak 3 sampe 4 hari
    ente bengkak ga gan?apa bengkak tp ga berasa sakit?
    yg penting ga sakit aja sih hehehe

    • Beneran ga sakit. Paling pas disuntiknya aja kaget dikit.😀

      Iya, cabut 1-1 dulu. Kalo sekaligus 2, nanti ente ngunyah pake yg mana? haha

      Tergantung dokter giginya sih, di tempat ane setengahnya dari harga itu. Kalo pengen lebih murah coba ke rumah sakit aja.

      Ane bengkak 3 hari, selama bengkak pun ga ngerasain sakit, asal obat pengurang rasa sakitnya diminum teratur. Yang cukup nyiksa itu ga bisa makan yg keras gan, bubur doang selama 3 hari. Baru deh seminggu kemudian luka udah nutup & benang jahitan udah bisa dicabut.

    • Prakteknya hari Senin-Sabtu jam 16.00-18.00.
      Kalau nomor teleponnya kurang tahu. Nanti kalau saya lewat kesana saya kasih tau ya.

  7. Gigi bungsu aku sudah tumbuh, dulu beberapa bulan ke belakang gusi bengkak kanan kiri bawah dua2 nya,, tapi sekarang sudah keliatan gigi nya,,, utuh tumbuhnya juga normal,,, cuma sekarang sakit lg yg kiri bawah,,, yang jadi masalah saya suka sakit kepala, apakah gigi saya harus di cabut,,, ???

    • Itu terjadi karena gigi bungsu kamu mendorong gigi geraham lainnya. Saraf dalam gigi jadi ikut terdorong dan sakitnya menyebar sampai saraf di kepala.

      Kalau sakit kepalanya sering, berarti belum bisa dikatakan normal giginya. Justru bahaya kalo dibiarin, bisa nyebar ke saraf mata juga.

      Lebih baik periksakan ke dokter apa sakit yang kamu rasakan terbilang wajar dan giginya dibiarin, atau giginya harus dicabut.

  8. Aku juga takut bro, ini mau cabut gigi bawah paling belakang karena berlubang n kalau lagi sakit, sakitnya na’udzubillah lbh sakit dr skt hati dah pokoknya..
    Ada yg bilang gigi belakang (gigi 8) kl dicabut bias bikin buta, bener gag bro..

    • Saraf di gigi (geraham atas) emang nyambung ke mata tapi posisinya jauh, jadi kemungkinannya kecil untuk menimbulkan kebutaan.

      Asal di rumah sakit/dokter gigi resmi sih jangan takut cabut gigi. Yang penting konsultasikan aja dulu keluhannya, dan juga ceritakan riwayat penyakit kalo ada.

      Dari pada gigi bolong nyiksa terus😀
      Bukannya nakutin, tapi kalo dibiarin bisa infeksi, sama aja bahayanya.

  9. waduh serem kayanya. gigi saya juga baru tumbuh di blakang. dan katanya giginya itu nyundul k yang depan. 1 jam lagi saya di cabut nih gigi😥 . tapi artikel d atas lucu banget haha. sakit gigi itu rasanya ga kebayang deh

    • Baru buka blog lagi. Gimana operasinya? Moga lancar🙂
      Begitulah, bohong kalo Meggy Z bilang “Lebih Baik Sakit Hati dari pada Sakit Gigi”😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s