9 Tips Menghilangkan Pikiran Negatif

Negative Thinking

Source: Google

Hal yang paling mengganggu dan memberi dampak negatif dalam kehidupan kita sebenarnya berasal dari pandangan buruk terhadap diri anda sendiri. Kadang kita terlalu keras menghukum dan merendahkan diri kita sendiri atas kejadian-kejadian buruk yang menimpa diri kita atau pun orang lain.

Berikut ada beberapa Tips menghilangkan sifat negatif tersebut :

1. Hidup Di Saat Ini

Memikirkan masa lalu atau masa depan adalah hal yang sering membuat kita cemas. Jarang sekali kita panik karena kejadian masa sekarang. Jika Anda menemukan pikiran anda terkukung dalam apa yang telah terjadi atau apa yang belum terjadi, ingatlah bahwa hanya masa kini yang dapat kita kontrol.

 2. Katakan Hal Positif Pada Diri Sendiri

Katakan pada diri Anda bahwa Anda kuat, Anda mampu. Ucapkan hal tersebut terus-menerus, kapanpun. Terutama, mulailah hari dengan mengatakan hal positif tentang diri sendiri dan hari itu, tidak peduli jika hari itu Anda harus mengambil keputusan sulit ataupun Anda tidak mempercayai apa yang telah Anda katakan pada diri sendiri.

3. Percaya Pada Kekuatan Pikiran Positif

Jika Anda berpikir positif, hal-hal positif akan datang dan kesulitan-kesulitan akan terasa lebih ringan. Sebaliknya, jika Anda berpikiran negatif, hal-hal negatif akan menimpa Anda. Hal ini adalah hukum universal, seperti layaknya hukum gravitasi atau pertukaran energi. Tidak akan mudah untuk mengubah pola pikir Anda, namun usahanya sebanding dengan hasil yang bisa Anda petik.

4. Jangan Berdiam Diri

Telusuri apa yang membuat Anda berpikiran negatif, perbaiki, dan kembali maju. Jika hal tersebut tidak bisa diperbaiki lagi, berhenti mengeluh dan menyesal karena hal itu hanya akan menghabiskan waktu dan energi Anda, juga membuat Anda merasa tambah buruk. Terimalah apa yang telah terjadi, petik hikmah/pelajaran dari hal tersebut, dan kembali maju.

5. Fokus Pada Hal-hal Positif

Ketika kita sedang sedang berpikiran negatif, seringkali kita lupa akan apa yang kita miliki dan lebih berfokus pada apa yang tidak kita miliki. Buatlah sebuah jurnal rasa syukur. Tidak masalah waktunya, tiap hari tulislah lima enam hal positif yang terjadi pada hari tersebut. Hal positif itu bisa berupa hal-hal besar ataupun sekadar hal-hal kecil seperti ‘hari ini cerah’ atau ‘makan sore hari ini menakjubkan’. Selama Anda tetap konsisten melakukan kegiatan ini, hal ini mampu mengubah pemikiran negatif Anda menjadi suatu pemikiran positif. Dan ketika Anda mulai merasa berpikiran negatif, baca kembali jurnal tersebut.

6. Bergeraklah

Berolahraga melepaskan endorphin yang mampu membuat perasaaan Anda menjadi lebih baik. Apakah itu sekadar berjalan mengelelingi blok ataupun berlari sepuluh kilometer, aktifitas fisik akan membuat diri kita merasa lebih baik. Ketika Anda merasa down, aktifitas olahraga lima belas menit dapat membuat Anda merasa lebih baik.

7. Hadapi Rasa Takutmu

Perasaan negatif muncul dari rasa takut, makin takut Anda akan hidup, makin banyak pikiran negatif dalam diri Anda. Jika Anda takut akan sesuatu, lakukan sesuatu itu. Rasa takut adalah bagian dari hidup namun kita memiliki pilihan untuk tidak membiarkan rasa takut menghentikan kita.

8. Coba Hal-hal Baru

Mencoba hal-hal baru juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Dengan mengatakan “ya” pada kehidupan Anda, membuka lebih banyak kesempatan untuk bertumbuh. Jauhi pikiran ‘ya, tapi…’. Pengalaman baru, kecil atau besar, membuat hidup terasa lebih menyenangkan dan berguna.

9. Ubah Cara Pandang

Ketika sesuatu tidak berjalan dengan baik, cari cara untuk melihat hal tersebut dari sudut pandang yang lebih positif. Dalam setiap tantangan terdapat keuntungan, dalam setiap keuntungan terdapat tantangan.

Sumber: Berita Unik

Cara Menghilangkan Penyakit Hati

Jenis Penyakit Hati

Sebelum membahas bagaimana cara menghilangkan penyakit hati, kita harus kenali dulu jenis-jenis penyakit hati yang berbahaya, yaitu:
1. Iri Hati
Iri hati adalah suatu sifat yang tidak senang akan rizki / rejeki dan nikmat yang didapat oleh orang lain dan cenderung berusaha untuk menyainginya. Iri hati yang diperbolehkan dalam ajaran islam adalah iri dalam hal berbuat kebajikan, seperti iri untuk menjadi pintar agar dapat menyebarkan ilmunya di kemudian hari. Atau iri untuk membelanjakan harta di jalan kebenaran.
2. Dengki
Dengki adalah sikap tidak senang melihat orang lain bahagia dan berusaha untuk menghilangkan nikmat tersebut. Sifat ini sangat berbahaya karena tidak ada orang yang suka dengan orang yang memiliki sifat seperti ini.
3. Hasut / Hasud / Provokasi
Hasud adalah suatu sifat yang ingin selalu berusaha mempengaruhi orang lain agar amarah / marah orang tersebut meluap dengan tujuan agar dapat memecah belah persatuan dan tali persaudaraan agar timbul permusuhan dan kebencian antar sesama.
4. Fitnah
Fitnah lebih kejam dari pembunuhan adalah suatu kegiatan menjelek-jelekkan, menodai, merusak, menipu, membohongi seseorang agar menimbulkan permusuhan sehingga dapat berkembang menjadi tindak kriminal pada orang lain tanpa bukti yang kuat.
5. Buruk Sangka
Buruk sangka adalah sifat yang curiga atau menyangka orang lain berbuat buruk tanpa disertai bukti yang jelas.
6. Khianat / Hianat
Hianat adalah sikap tidak bertanggungjawab atau mangkir atas amanat atau kepercayaan yang telah dilimpahkan kepadanya. Khianat biasanya disertai bohong dengan mengobral janji. Khianat adalah ciri-ciri orang munafik. Orang yang telah berkhianat akan dibenci orang disekitarnya dan kemungkinan besar tidak akan dipercaya lagi untuk mengemban suatu tanggung jawab di kemudian hari.

Tips Cara Menghilangkan Penyakit Hati

Setelah mengenali berbagai jenis penyakit hati, sekarang kita bahas bagaimana cara menghilangkannya. Penyakit-penyakit ini apabila tidak ditangani dan ditanggulangi dengan baik bisa berakibat buruk pada diri kita. Seperti halnya sakit pada organ tubuh / fisik kita, penyakit hati yang berupa sifat perilaku buruk bisa diobati / disembuhkan dengan obat hati.

Berikut ini adalah beberapa obat untuk menyembuhkan penyakit hati:
1. Tidak Banyak Bicara
Terlalu banyak bicara dapat membuat hati kita menjadi keras. Berbicaralah yang tidak penting secukupnya dan hindari menjadi orang yang omong besar, omdo / omong doang, pembual, tukang bohong, ghibah, ngerumpi, dan lain sebagainya. Banyak bicara dalam kebaikan boleh-boleh saja seperti untuk mengajar, petugas pelayanan, ngobrol biasa dengan teman, tetangga, keluarga, dan lain sebagainya.
2. Menjaga Emosi Dan Nafsu
Emosi dapat membuat hidup menjadi tidak tenang. Oleh karena itu kita sebaiknya selalu menjaga emosi kita agar tidak menjurus ke penyakit hati. Beberapa contoh nafsu yang harus kita tundukkan antara lain seperti nafsu akan harta, nafsu seks, nafsu makan, nafsu jabatan, nafsu marah, nafsu mewujudkan impian, dan lain sebagainya. Salah satu cara untuk melatih emosi dan nafsu kita adalah dengan melakukan ibadah puasa, baik puasa sunah maupun puasa wajib ramadhan.
3. Selalu Mengingat Allah SWT
Ada beberapa cara untuk dapat selalu mengingat Allah SWT yaitu seperti dengan rajin sholat baik sholat wajib lima waktu, shalat tahajud, sholat dhuha, solat malam, dan lain-lain. Selain itu zikir, doa dan mengaji atau membaca al-qur’an juga dapat menghindarkan kita dari penyakit hati. Diharapkan dari mengingat Allah SWT kita menjadi takut atas ancaman Allah SWT jika kita melakukan dosa yang disebabkan oleh penyakit hati dan perbuatan maksiat.
4. Bergaul Dengan Orang Saleh / Soleh
Dengan berteman dengan orang-orang yang penuh dengan penyakit hati hanya akan menulari kita dengan penyakit-penyakit itu sehingga kita akan semakin jauh dari Allah. Salah pergaulan juga dapat menambah dosa akibat perbuatan maksiat yang baik disadari atau tidak telah kita lakukan. Lain hal apabila kita bergaul dengan orang shaleh yang selalu menjaga dan membatasi diri dalam pergaulan agar mereka tidak terjerumus dalam maksiat.

Semoga kita selalu terhindar dari penyakit hati, serta masalah yang disebabkan olehnya. Amin.

Sumber: Macam-macam penyakit hati

Mimpi Yang Kelewat Nyata

Mimpiku beberapa malam lalu benar-benar aneh. Bukan karena isinya yang konyol. Tapi karena mimpi itu sangat detail, memiliki alur yang jelas dan terlihat seperti film. Ga usah panjang lebar lagi ini dia rangkuman dari mimpi itu.

Pada suatu hari aku bersama 5 orang temanku, sebut saja A, B, C, D, dan E mengadakan survival ke sebuah hutan yang ceritanya belum pernah terjamah manusia. Saat itu yang berinisiatif pertama kali adalah A. Dia orangnya bersemangat dan paling berjiwa petualang di antara kami ber-enam. Kami pun memutuskan untuk menjadikannya pemimpin survival ini. A nampaknya tak banyak protes dan langsung setuju. Continue reading

Salah Kaprah Tentang Anime

Ada artikel menarik yang kebetulan sependapat sama gw. Silahkan dibaca.

“Suatu saat nanti, aku akan menjadi raja bajak laut!”

Tahukah kalian siapa yang pernah berbicara seperti itu? Yep, dialah Luffy, tokoh utama dari serial anime & manga berjudul One Piece. Serial hasil karya mangaka bernama Eiichiro Oda ini sudah menjadi hits di berbagai negara, dan menjadi serial manga & anime paling digemari & dinanti. Meskipun bercerita mengenai bajak laut, One Piece tidak serta merta hanya berisikan pertarungan, kekerasan, maupun peperangan saja.

Dari segi cerita, berbagai macam fantasi dan juga imajinasi yang dibagikan oleh Oda sensei melalui guratan tintanya sukses menghipnotis para pembaca manga & juga penonton setia anime nya. Banyak sekali unsur positif yang terselip di anime semacam One Piece ini. Persahabatan, Perjuangan, mimpi, harapan & cita-cita. Melalui anime ini, Oda sensei mengajarkan pada kita mengenai nilai hidup, pesan moral, hingga arti persahabatan & perjuangan.

Namun, apa yang terjadi?

Komisi Penyiaran Indonesia pernah melabeli One Piece sebagai salah satu anime yang tidak layak tayang di Indonesia. Well…well… Di postingan ini, saya tidak mengajak kalian untuk bicara soal One Piece kok… Saya cuma mengambil One Piece sebagai contoh saja. Bersama One Piece, ada Naruto, Bleach, Conan, hingga Deathnote yang harus menerima cap ‘bermasalah’ di beberapa stasiun tv kita.

Mengapa?

Apa yang salah dengan anime-anime itu? Nah, ini dia yang hendak saya bahas disini.

Saya akui, saya bukan yang pertama bicara seputar masalah ini. Hanya saja, jika kalian (termasuk saya) memang menyukai anime, maka sudah sewajarnya kita mulai berpikir lebih kritis lagi mengenai hal ini.

Biar saya bercerita sebentar.

Suatu ketika, pada saat saya tengah menonton anime (Naruto kalo nggak salah…), datanglah teman saya. Saya persilakan dia masuk, duduk diruang tamu, dan ngobrol sejenak. Ketika dia melihat ke arah layar tv saya, dia lantas nyeletuk seperti ini: “Ngapain kamu nonton kartun beginian? kayak anak kecil aja…” Yah, saya nggak terlalu bisa mendebat dia saat itu. Tapi, ketika esoknya saya berkunjung ke rumahnya, dia malah lagi nonton sinetron, dimana disitu bercerita tentang pesugihan, dan ada adegan orang lagi berantem dengan laba-laba 3D. What the….??? (Kalian tau kan, sinetron yang saya maksud?) Anime & sinetron khas indo. Menurut kalian, mana yang seharusnya mendapat label ‘bermasalah’?

Continue reading

Bisnis Yang Untungnya Gede

Tulisan yang terinspirasi setelah tadi siang ditraktir roti gulung di deket kampus dan liat kondisi kampus yang rame. Ah, tiap hari juga rame sih. Terus kepikiran beberapa obrolan dengan temen kampus. Dan akhirnya jadilah tulisan ini. Silahkan dibaca.

Ini tentang bisnis yang menguntungkan. Udah mahasiswa tingkat akhir obrolannya udah ke bisnis nih. wkwkwk. Mau bisnis yang untungnya gede? Bisnis aja di wilayah perkuliahan/kampus! Gw ga asal ngomong. Ini fakta.

Ampir 4 tahun gw kuliah dan sadar, nyaris semua bisnis di wilayah perkuliahan itu nguntungin. Oke, sebagai bukti gw bahas satu-satu.

1. Bisnis kos-kosan.

Ini nih yang income-nya paling gede. Dari pengalaman tahun pertama kuliah, rata-rata kos-kosan disini (Bandung: DU, Tubagus Ismail, Sekeloa dan sekitarnya) harganya 3-5jt/tahun untuk yang tingkat menengah. Itu cuma dikasih fasilitas standar seperti lemari, kasur dan meja, atau bahkan kosong, tergantung hoki sih. Untuk fasilitas yang lebih lengkap, seperti kamar mandi di dalam, laundry, TV, AC, ukuran kamar gede, bisa sampe 8jt/tahun (sekitar 700rb/bulan). Apalagi kalo kosan yang jaraknya deket sama kampus, dengan incaran mahasiswa kedokteran, wah bisa lebih gede lagi tuh.

Continue reading

Ciri-ciri Kedewasaan Yang Sesungguhnya

Sebenarnya udah lama gue pengen posting tulisan ini. Tapi apa daya baru kesampean sekarang. Berawal dari iseng-iseng baca postingan lama, malah senyum-senyum sendiri kayak orang gila. haaha..  Karena gue ngerasa betapa ‘childish’ nya gue 2 tahun lalu. Sahabat gue bilang kalo gue kelihatan dewasa sekarang. Masa ia? Entahlah, yang tau cuma orang-orang disekitar gue.

Marc & Angel (2007) mengemukakan bahwa kedewasaan seseorang bukanlah terletak pada ukuran usianya, tetapi justru pada sejauhmana tingkat kematangan emosional yang dimilikinya. Berikut ini pemikirannya tentang ciri-ciri atau karakteristik kedewasaan seseorang yang sesungguhnya dilihat dari kematangan emosionalnya.

1. Realizing that maturity is an ongoing process, not a state, and continuously striving for self improvement. (Tumbuhnya kesadaran bahwa kematangan bukanlah suatu keadaan tetapi merupakan sebuah proses berkelanjutan dan secara terus menerus berupaya melakukan perbaikan dan peningkatan diri).

2. Able to manage personal jealousy and feelings of envy. (Memiliki kemampuan mengelola diri dari perasaan cemburu dan iri hati).

Continue reading

RECOMMENDED SELLER!!!

Mungkin agak telat ni postingan, niatnya mau di post 2 minggu yang lalu. Tapi malesnya minta ampun. Baru kesampaian sekarang neh.
Berawal dari awal bulan Juni, dengan wajah yang panas -bukan berarti lagi marah atau malu, tapi emang gw lagi demam- gw nunggu balesan SMS dari ‘dia’. Kemudian ada SMS masuk, gw buka isinya: “mf XX g bs lnjutin, XX g mw ngcewain km, XX syg km..” Akhirnya malam itu ‘my relationship was ended’. Mungkin itu yang terbaik.
Pengen rasanya keluar sekedar menenangkan pikiran, tapi apa daya tubuh ini tak mengizinkan. Boro-boro keluar kamar, sekedar ngambil makan aja susah banget. Pusing banget ni kepala, belum lagi badan yang masih panas. Emang dari 2 hari sebelumnya gw udah mulai ngerasa ga enak badan. Pasrah aja akhirnya, tidur tidur dan tidur.
Terus apa hubungannya dengan RECOMMENDED SELLER???
Continue reading